Mari kita budayakan komentar untuk silaturahmi sesama blgger

Google Ajukan Angka Ajaib untuk Beli Paten



Jakarta - Google sempat ikut dalam lelang paten teknologi nirkabel dari Nortel Networks. Angka yang diajukan Google boleh dibilang aneh dan ajaib.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (4/7/2011), angka-angka yang sempat diajukan Google termasuk USD 1.902.160.540, USD 2.614.972.128 dan USD 3.14159 miliar.

Apa makna angka-angka yang tidak bulat itu? Menurut sumber Reuters, angka-angka itu adalah: jarak dari bumi ke matahari, konstanta Meissel-Mertens dan bilangan pi.

"Entah mereka memang sangat-sangat percaya diri, atau mungkin hanya bosan," tutur sang sumber.

Melihat latar belakang Google yang didirikan oleh para ilmuwan, dan betapa pekatnya nuansa sains di dalam kultur korporasi mereka, seharusnya angka-angka itu bukanlah hal yang aneh.

Namun, apakah ini bagian dari strategi khusus Google dalam konteks lelang tersebut? Misalnya, bisa saja angka itu dimaksudkan untuk membuat bingung sesama peserta lelang.

Apapun itu, strategi Google pada akhirnya tak membuahkan hasil. Paten perusahaan nirkabel yang berhenti beroperasi sejak Juni 2009 itu akhirnya dibeli oleh sebuah konsorsium dengan nilai USD 4,5 miliar.

Konsorsium tersebut meraup 6.000-an paten dan aplikasi paten dari Nortel. Anggota konsorsium itu adalah: Microsoft, Apple, Research In Motion, Ericsson, Sony dan EMC.

Bisa dilihat ada tiga pesaing Google di sana: Microsoft, Apple dan RIM. Ketiganya punya kepentingan untuk menghalau Google (dan Android-nya) agar tidak menguasai paten Nortel yang mungkin bisa melawan produk mereka seperti Windows Phone 7, iOS dan BlackBerry.

Menurut sumber Reuters, harga akhir itu sedikit di atas harga maksimal yang rela dibayarkan Google. Raksasa internet itu dikabarkan hanya mau membayar hingga USD 4 miliar untuk mendapatkan paten Nortel.
sumber:detik.com

0 komentar:

Post a Comment