Mari kita budayakan komentar untuk silaturahmi sesama blgger

Copy Paste, Bolehkah?

Sebenarnya hati ini merasa mengganjal jika ada yang ingin diutarakan tapi gak kesampaian.Topik yang ingin saya angkat adalah tentang 'COPAS' atau copy paste di dunia perblogeran.

Memang saya masih awam dalam hal bloger dan masih perlu bimbingan dari senior-senior disini.Pernah saya membaca blog yang mengupas masalah tentang, artikelnya dicopy orang lain sehingga dia merasa rugi dan marah-marah sebab orang yang mengcopy artikelnya, ranking disearch engine lebih tinggi dari dia punya.Bahkan mungkin saking keselnya, di blognya dipasang warning/peringatan + software untuk tidak dicopas. Okelah dia marah karena dia merasa sudah capek-capek nulis, korban pikiran,tenaga dan biaya eh tau-tau dicopas orang.

Bukan untuk membela para copier sebab saya juga salah satunya, bagi saya hal tersebut tidak perlu terjadi, jika sang pengcopas mencantumkan sumbernya dengan jelas dan kalau mungkin ijin dulu.
Dan kembali ke tujuan dasar para blogger adalah sharing tentang semua hal.Dan jika artikelnya tidak boleh di copas mendingan tidak menulis apa-apa.
Ilmu akan lebih bermanfaat jika banyak dipakai orang banyak, dan ilmu tidak akan dibawa mati.Orangnya akan mati tapi ilmunya tak akan pernah mati.

Memang ilmu tidak murah tapi menjadi murahan jika tidak berguna di masyarakat.Ya... hitung-hitung amalah...
Semua tidak bisa dihitung secara materi.....
----lemah-lemah teles gusti Allah ingkang bales---

0 komentar:

Post a Comment